Wisata Air Terjun Jembong



Wisata Air Terjun Jembong

Air trjun ini terltak di Dusun Jembong Desa Ambngan Kecamatan Sukasda. Untuk menuju lokasi hanya diperlukan waktu sekitar 20 menit dari kota Singaraja. Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon cengkeh yang rimbun serta pepohonan lainnya. Nuansa sejuk begitu terasa tatkala memasuki area air terjun. Suara gemercik air yang deras nampak jelas terdengar dari lokasi parker yang luas. Ditambah dengan keberadaan pohon yang hijau serta tanaman hias lainnya membuat suasana begitu segar.



Air terjun ini memang tak begitu dikenal masyarakat luas. Namun, jangan under estimate dulu! Belakangan ini air terjun Jembong merupakan primadona bagi kalangan wisatawan. Bahkan, Air Terjun Jembong merupakan salah satu air terjun terindah di Bali.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya di Bali yang berada di tebing tinggi yang berdiri tegak, Air Terjun Jembong berada di dataran/tanah yang miring. Jadi kesannya tidak menyeramkan. Air terjun ini berada di antara perkebunan coklat/kakao (Theobroma Cacao) yang rimbun dan asri. Untuk mencapai Air Terjun Jembong, Anda tidak perlu bersusah payah naik turun anak tangga, tetapi hanya perlu sedikit mendaki jalan setapak berbatu di antara pohon coklat di pinggir sungai kecil. Di bawah Air Terjun Jembong terdapat sebuah kolam yang sangat jernih dengan kedalaman sekitar satu meter. Anda bisa mandi dan bermain air sepuasnya di kolam tersebut. Air kolam yang dingin dan bening, sangat menggoda siapa pun untuk mandi di sana. 



Air Terjun Jembong

Ketua Pok Darwis Banten Sari Korwil Jembong Made Suneka mengatakan, awalnya air terjun tersebut hanya berupa telaga biasa yang memang memiliki debit air yang besar. Lama-kelamaan warga berinisiatif untuk menata keberadaan air tersbut hingga dapat dikenal seperti saat ini.

Ketua Pok Darwis Banten Sari Korwil Jembong Made Suneka mengatakan, keunikan tersendiri terdapat pada kolam yang ditata dibawah lokasi air terjun. Kolam tersbut diberi nama Kolam Selfie. Kolam berbentuk hati dengan air yang jernih merupakan salah satu tujuan utama pengunjung disamping untuk melihat air terjun. Ditambahkan, nantinya kolam tersebut akan dikembangkan kembali agar dapat digunakan sebagai tempat prawedding bagi masyarakat.



Melihat keasrian yang dimiliki air terjun Jembong, menarik banyak wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut. Pengunjung yang datang dominan adalah wisatawan domistik pada hari libur. Seperti diungkapkan, Ketua Pok Darwis Banten Sari Korwil Jembong Made Suneka.

Salah seorang pengunjung Alit Putra mengatakan, sangat tertarik untuk datang ke lokasi air terjun, sebab disamping udaranya yang segar dan bersih, tempat tersebut juga cocok untuk rekreasi bersama keluaraga maupun teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Cak-cakan di Desa Sambirenteng

Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti

Lukisan Wayang Kaca Desa Nagasepaha