KOLAM AIR SANIH



KOLAM AIR SANIH


 
Kolam Air Sanih

Kolam Air Sanih terletak Kecamatan Kubutambahan. Kolam Air Sanih dikelola oleh Desa Pakraman Yeh Sanih. Kolam dengan view laut itu terlihat begitu mempesona. Selain memiliki view laut, kolam air sanih juga memiliki wahana bermain untuk anak. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir lagi apabila berkunjung ke Kolam Air Sanih dengan membawa sang buah hati. Disamping itu, terdapat dua kolam, satu Kolam Utama dan satu Kolam Deras. Kolam deras tersebut dapat digunakan oleh anak-anak dikarenakan memiliki air yang dangkal. Untuk dapt masuk ke dalam area kolam pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 8.000 untuk dewasa dan 5.000 untuk anak-anak. 






Adapun larangan yang tidak boleh dilakukan saat mandi di kolam air sanih tersebut yakni, pengunjung tidak diijinkan untuk memakai sabun dan shampoo didalam kolam, mandi tanpa busana, membawa dan minum minuman keras serta membuang sampah sembarangan. 



Ancangan desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa mengungkapkan, awalnya Kolam tersebut merupakan sebuah sungai yang bernama Tukad Airsanya yang berarti timur laut pulau bali.

Ancangan desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa menambahkan, pembentukan Kolam tersebut diperkirakan skitar tahun 50-an. Lalu pengelolaan Kolam Air Sanih diserahkan kepada desa Pakraman. Awalnya terdapat dua kolam, satu kolam besar dan satu kolam kecil. Namun karena pengunjung telah banyak yang datang, maka kolam area kolam tersebut ditata dan kolam kecil diganti dengan kolam arus atau kolam deras.

Sebenarnya Kolam Air Sanih Menurut Jro Made Sumarsa merupakan lambing Pulau Bali. Kolam Kecil yang kini diganti menjadi kolam arus adalah lambing dari pulau Nusa Penida dan ada satu batu bundar yang terdapat di kolam itu adalah Singaraja. Namun, sayang kolam tersebut kini telah berubah.

Air yang dikatakan bersumber dari Gunung Batur yang memnuhi Kolam Air Sanih dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit. Seperti diungkapkan Ancangan Desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa.

Ancangan Desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa.


Sementara itu pengelola Kolam Air Sanih yang juga Klian Desa Pakraman Yeh Sanih Made Jeneng Kawi mengungkapkan, pengunjunng yang datang lebih banyak wisatawan dometik dibanding wisatawan asing. Pengunjung akan ramai pada saat hari raya seperti Galungan dan Lebaran.

Pengelola Kolam Air Sanih yang juga Klian Desa Pakraman Yeh Sanih Made Jeneng Kawi Kolam dengan kedalaman hamper 2 meter dibagian selatan dan 1 meter dibagian utara pada kolam besar banyak dimanfaatkan juga oleh pelajar untuk berolahraga. Akan tetapi kolam dengan kedalaman hamper dua meter tersebut memerlukan pengawasan dari security agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab tak jarang anak-anak yang bermain di Kolam tersebut tidak mengetahui kedalaman kolam sehingga dengan semngatnya langsung terjun ke kolam.

Klian Desa Pakraman Yeh Sanih Made Jeneng Kawi


Keberadaan Kolam Air Sanih merupakan salah satu daftar kunjungan wisata tatkala libur tlah tiba. Dengan lokasi kolam yang menghadap ke laut membuat kolam tersebut terlihat menarik. Pengunjung pun juga dapat menikmati indahnya awan biru yang membentang luas sembari menyegarkan diri di dalam air murni Kolam Air Sanih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Cak-cakan di Desa Sambirenteng

Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti

Lukisan Wayang Kaca Desa Nagasepaha